Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI MUTASI GEN BAWANG PUTIH DALAM PADI TUNJUKKAN KETAHANAN TERHADAP HAWAR PELEPAH

Tanggal : 2 March 2016

Hawar pelepah padi yang disebabkan oleh Rhizoctonia solani merupakan salah satu penyakit padi yang paling merusak dan berhubungan secara signifikan dengan penurunan produktivitas padi. Sebuah varian mutan dari mannose mengikat agglutinin daun Allium sativum (mASAL) dilaporkan sebelumnya menunjukkan kuatnya aktivitas antijamur terhadap R. solani. Sebuah tim dari Institut Bose di India, yang dipimpin oleh Prithwi Ghosh, mengevaluasi gen mASAL untuk di aktivitas antijamur planta dalam tanaman padi.

Masal diekspresikan dalam padi indica elit cv. IR64 melalui media transformasi Agrobacterium tumefaciens. Analisis molekuler tanaman transgenik mengkonfirmasikan keberadaan dan integrasi stabil gen mASAL. Berbagai analisis bagian jaringan tanaman menunjukkan ekspresi mASAL. Dalam planta bioassay dari garis transgenik terhadap R. solani menunjukkan rata-rata pengurangan 55% dalam percentage disease index (PDI) hawar pelepah.

Penelitian ini menyajikan kemungkinan memodifikasi tanaman padi dengan gen mASAL untuk ketahanan terhadap hawar pelepah. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai studi ini, baca selengkapnya di BMC Biotechnology Biotechnology http://bmcbiotechnol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12896-016- 0246-0