Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI HVSY1 DALAM PADI TINGKATKAN SERAPAN BESI DAN PEMUATAN BIBIT LEWAT TRANSPORT BESI SELEKTIF

Tanggal : 19 October 2016

Beberapa pengangkut logam dalam tanaman mengakomodasi beberapa kation, termasuk beberapa yang beracun bagi manusia. Upaya peningkatan kandungan besi dan zink pada endosperm padi melalui ekspresi transporter logam secara tidak sengaja mengarah pada akumulasi tembaga, mangan, dan kadmium. Tidak seperti transporter logam lainnya, Yellow Stripe 1 (HvYS1) barley spesifik untuk besi.

 

Tim Raviraj Banakar dari Universitat de Lleida-Agrotecnio Center Lleida menyelidi dasar preferensi ini dengan mengekspresikan HvYS1 pada padi di bawah kontrol promotor maize ubiquitin1. Tanaman mengekspresikan HvYS1 memiliki peningkatan dalan menyerap besi, translokasi, akumulasi benih, dan pemuatan endosperm, tetapi tidak memiliki perubahan dalam penyerapan zink, mangan atau tembaga. Kandungan zink dan mangan dalam endosperm tidak berbeda antara tipe liar dan galur HvYS1, tetapi yang terakhir memiliki kandungan tembaga yang lebih rendah Galur transgenik juga menunjukkan secara signifikan pengurangan serapan kadmium, translokasi, dan akumulasi dalam biji padi.

 

Hasil ini menunjukkan bahwa HvYS1 mempromosikan mobilisasi preferensial dan pemuatan besi. Meningkatnya pemuatan besi menggantikan tembaga dan kadmium dalam biji padi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel lengkapnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12637/full.