Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI BERLEBIH RAG2 TINGKATKAN HASIL DAN KUALITAS GABAH BERAS

Tanggal : 23 November 2016

Meningkatkan hasil gabah dan memperbaiki kualitas gabah merupakan tujuan utama pembibitan padi. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kuantitas gabah dan nutrisi beras akan menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembibitan baru. RAG2 adalah sebuah inhibitor dari 14-to-16-kDa α-amilase/tripsin dalam padi, yang merupakan albumin dari protein penyimpanan benih. Tim peneliti Wei Zhou dari Huazhong Agricultural University di Tiongkok bertujuan untuk mempelajari efek RAG2 pada hasil padi.

 

Tim menemukan bahwa RAG2 secara spesifik diekspresikan dalam pematangan biji dan puncak transkripsinya adalah diantara hari ke-14 dan 21 saat pembungaan. Ketika diekspresikan secara berlebih, ukuran gabah dan berat 1000-gabah meningkat secara signifikan pada galur RAG2-yang diekspresikan secara berlebih dibandingkan dengan tipe liar. Kandungan protein dan jumlah total lipid juga meningkat dan menurun masing-masing pada galur dengan ekspresi berlebih RAG2 dan ditahan RAG2.

 

Ekspresi berlebih RAG2 secara signifikan mengingkatkan ukuran gabah dan memperbaiki kualitas gabah dan hasil secara bersamaa. Hasil ini menunjukkan bahwa RAG2 memainkan peran penting dalam mengatur berat gabah dan mutu benih padi.

 

Informasi lebih lanjut mengenai studi ini, baca artikel lengkapnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12654/full.