Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI BERLEBIH GEN HVPAPHY_A TINGKATKAN AKTIVITAS FITASE DALAM JERAMI DAN BULIR BARLEY YANG TELAH MATANG

Tanggal : 3 November 2016

Fitase menghidrolisis asam fitat, senyawa penyimpanan fosfor yang paling penting dalam biji tanaman. Dalam degredasinya dari asam fitat, fitase memastikan bioavaibilitas fosfat. Satu tim peneliti yang dipimpin oleh Inger Bæksted Holme dari Universitas Aarhus di Denmark, baru-baru ini meneliti phytase purple acid phosphatase (HvPAPhy_a), yang terlihat selama pengembangan benih barley (Hordeum vulgare), menentukan peningkatan aktivitas fitase dalam bulir dan bagian lainnya dari barley, serta sisi potensial produk dari budidaya barley.

 

Tim mengekspresikan gen dalam barley secara berlebih dan fitase ditemukan diekspresikan secara konstitutif dalam barley. Aktivitas fitase terdeteksi dalam bulir yang matang, daun hijau serta dalam bagian tanaman vegetatif dewasa yang kering. Generasi T2 dari HvPAPhy_a mengubah barley menunjukkan aktivitas fitase meningkat hingga 19 kali. Selanjutnya, aktivitas fitase ditingkatkan secara signifikan dalam daun hijau dan jerami kering yang matang.

 

HvPAPhy_a mengubah tanaman barley dengan aktivitas fitase yang tinggi memiliki beberapa fungsi potensial, termasuk menggunakan bulir matang sebagai pakan untuk meningkatkan pelepasan fosfat. Fungsi potensial lainnya akan menjadikan tunggul kaya fitase dapat masuk ke dalam tanah dan melepas ikatan fosfat dalam bentuk fitat untuk pertumbuhan tanaman. 

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang studi ini, baca makalahnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12636/full.