Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI BERLEBIH DARI ALFALFA TMT TINGKATKAN KADAR Α-TOCOPHEROL DALAM BIJI ARABIDOPSIS

Tanggal : 20 July 2016

Vitamin E merupakan sebuah vitamin penting yang diperoleh dari makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan. γ-tokoferol methyltransferase (γ-TMT) yang mengkatalisis konversi δ- dan γ-tokoferol masing-masing menjadi β- dan α-tokoferol, adalah enzim akhir yang terlibat dalam jalur vitamin E. Para peneliti dari Chinese Academy of Agricultural Sciences, yang dipimpin oleh Jishan Jiang mengekpresikan γ-TMT in (MsTMT) Medicago sativa dalam Arabidopsis dengan harapan meningkatkan kandungan vitamin E pada tanaman.

 

Ekpresi berlebih dari MsTMT meningkatkan kadar α-tokoferol 15 kali lebih tinggi dari biji Arabidopsis liar tanpa mengubah kadar total vitamin E. Menariknya, biomassa dan tingkat ekpresi dari beberapa gen penanda osmotik lebih tinggi secara signifikan daripada galur transgenik.

 

Sementara itu, ekspresi berlebih MsTMT dalam alfalfa menyebabkan sedikit peningkatan namun signifikan α-tokoferol dalam daun dan juga mengakibatkan tertundanya penuaan daun. Kandungan protein kasar juga meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan α-tokoferol terjadi di alfalfa transgenik tanpa mengganggu kualitas gizi.

 

Ekspresi berlebih MsTMT memberikan satu metode yang menjanjikan dalam meningkatkan kadar α-tokoferol tanaman.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai studi ini, baca artikelnya di Plant Science http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0168945216300735.