Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI BERLEBIH AHRRS5 DALAM TEMBAKAU TINGKATKAN RESISTENSI TERHADAP LAYU BAKTERI

Tanggal : 27 July 2016

Meskipun banyak penelitian, metode kontrol yang efisien untuk layu bakteri yang disebabkan oleh Ralstonia solanacearum tetap belum tersedia. Inilah yang mendorong para ilmuwan dari Fujian Agriculture and Forestry University di Tiongkok, dipimpin oleh Chong Zhang, untuk menandai satu gen resistensi baru AhRRS5 dari kacang tanah, yang ditemukan ditingkatkan ekspresinya dalam kultivar kacang tanah yang resisten dan rentan sebagai respon terhadap R. solanacearum.

 

Analisis mengungkapkan bahwa perlakuan dengan phytohormones, serta cekaman abiotik meningkatkan tingkat ekspresi AhRRS5. Ketika diekspresikan secara berlebih dalam tembakau, gen menginduksi respon hipersensitif dan peningkatan ketahanan tanaman terhadap R. solanacearum. Beberapa gen penanda yang bertanggung jawab terhadap pertahanan juga ditingkatkan ekpresinya dalam galur transgenik dibandingkan dengan jenis liar.

 

Hasil menunjukkan bahwa AhRRS5 berpartisipasi dalam respon pertahanan terhadap R. solanacearum melalui beberapa jalur sinyal. Hasil penelitian ini dapat berfungsi sebagai panduan untuk mengembangkan peningkatan ketahanan terhadap penyakit layu bakteri.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca makalah lengkapnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12589/full.