Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EKSPRESI ARABIDOPSIS BAX INHIBITOR-1 DALAM TANAMAN TEBU BERIKAN TOLERANSI KEKERINGAN

Tanggal : 17 February 2016

Keberlanjutan produksi tanaman global sangat tergantung pada peningkatan toleransi tanaman terhadap berbagai tekanan lingkungan, termasuk stres kekeringan. Dengan demikian, identifikasi gen yang memberikan toleransi stres telah menjadi prioritas utama.

 

Daniel Alves Ramiro dari Universidade de Sao Paulo di Brazil sekarang menunjukkan bahwa ekspresi sebuah sel penekan kematian, Bax Inhibitor-1 dari Arabidopsis thaliana (ATBI-1) pada tanaman tebu (Saccharum spp.), dapat meningkatkan toleransi terhadap stres air dalam kondisi jangka panjang. Sifat tersebut dapat menjadi sebuah efek peningkatan toleransi dari tebu transgenik untuk induksi stres retikulum endoplasma (RE) yang disebabkan oleh defisit air.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penekanan stres RE di rumput C4 dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi peningkatkan toleransi defisit air dalam jangka panjang. 

 

Untuk informasi selanjutnya mengenai studi ini, baca artikel lengkapnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12540/full.