Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

EFSA PUBLIKASI PENGKAJIAN RISIKO UNTUK PEMBAHARUAN OTORISASI JAGUNG RG

Tanggal : 7 March 2018

European Food Safety Authority (EFSA) Panel on Genetically Modified Organisms (GMO Panel) telah merilis pendapat ilmuwan mengenai data yang diajukan untuk pembaharuan aplikasi otorisasi jagung rekayasa genetika (RG) toleran herbisida dan tahan serangga NK603 x MON810.  Ruang lingkung aplikasi pembaharuan EFSA-GMO-RX-007 adalah untuk penggunaan pangan dan pakan, impor dan pengolahan, namun tidak termasuk budidaya dalam Uni Eropa (UE).

 

GMO Panel mempertimbangakn informasi tambahan yang diberikan oleh pemohon, komentar ilmiah yang diajukan oleh Negara-negara Anggota dan publikasi ilmiah yang berhubungan. Data yang diterima berisi: laporan pemantauan lingkungan pasca pasar, evaluasi literatur yang diperoleh melalui pencarian sistematik, pembaharuan analisis bioinformatika dan dokumen tambahan atau penelitian yang dilakukan oleh atau atas naman pemohon. Data-data ini akan dikaji untuk kemungkinan bahaya baru, pemaparan yang dimodifikasi atau ketidakpastian ilmiah baru. 

 

GMO Panel menyimpulkan bahwa tidak ada bukti dalam aplikasi pembaharuan EFSA-GMO-RX-007 untuk bahaya baru, pemaparan yang dimodifikasi atau  ketidakpastian ilmiah  yang akan mengubah kesimpulan dari pengkajian risiko asli jagung NK603 x MON810.

 

Baca lebih lanjut di publikasi Science Opinion di EFSA Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.2903/j.efsa.2018.5163/full.