Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DPB3-1 ARABIDOPSIS TINGKATKAN TOLERANSI STRES PANAS TANPA PENGHAMBAT PERTUMBUHAN DALAM PADI

Tanggal : 17 February 2016

Para ilmuwan dari Center for Sustainable Resource Science RIKEN dan Universitas Tokyo di Jepang baru-baru ini membuktikan bahwa DPB3-1, sebuah regulator transkripsi dari Arabidopsis, dapat meningkatkan toleransi stres panas tanpa efek negatif pada pertumbuhan.

 

Studi terbaru dengan Arabidopsis dan padi menunjukkan bahwa DPB3-1 dan homolognya dalam padi, OsDPB3-2, berfungsi sebagai regulator positif dari elemen Dehydration-responsive element binding protein (DREB2A), yang pada gilirannya meningkatkan tanaman.

 

Tim mengeksperiksan berlebih DPB3-1 dalam padi transgenik dan menunjukkan peningkatan toleransi stres panas. Transgenik juga tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman atau hasil padi dalam kondisi normal dan stres. Analisis microarray mengungkapkan bahwa banyak gen induksi stres panas yang diregulasi dalam ekspresi berlebih DPB3-1 pada padi dalam kondisi stres panas, mengkonfirmasikan efek DPB3-1 pada DREB2A.

 

Hasil ini menunjukkan bahwa DPB3-1 berfungsi khusus dalam kondisi stres abiotik, dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan toleransi stres panas pada tanaman tanpa efek negatif pada pertumbuhan.

 

Untuk mempelajari lebih lanjut studi ini, baca artikel lengkapnya di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12535/full.