Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DNA EKSTRA MEMBUAT TIMUN DENGAN BUNGA BETINA SEMUA

Tanggal : 3 June 2015

Tanaman mentimun tidak hanya jantan atau betina. Mereka bisa menjadi tujuh jenis kelamin yang berbeda, tergantung pada campuran kompleks faktor genetik dan lingkungan. Beberapa varietas mentimun yang memberikan hasil yang tinggi hanya menghasilkan bunga betina, dan ilmuwan dari Boyce Thompson Institute for Plant Research (BTI) di Universitas Cornell di Amerika Serikat, dan Chinese Academy of Agricultural Sciences (CAAS) di Tiongkok, telah mengidentifikasi duplikasi gen yang menyebabkan sifat yang tidak biasa ini.

 

Meskipun para peneliti telah mengetahui sejak tahun 1960-an bahwa ada penyebab genetik untuk semua-bunga betina-bearing plants, lokasi yang tepat dan urutan dari segmen yang bertanggung jawab terhadap DNA sebelumnya tidak diketahui. Para peneliti menemukan DNA ekstra dengan skrining urutan genom dari 115 koleksi inti baris mentimun yang berbeda. Mereka menghasilkan peta dari 26.778 variasi struktural yang berbeda yang mereka temukan, beberapa di antaranya terkait dengan mentimun domestikasi.

 

Menurut Profesor Zhangjun Fei BTI, yang merupakan salah satu pemimpin studi, mereka menemukan variasi struktural tertentu yang merupakan duplikasi dari sekitar 30.000 basis, dan duplikasi itu sangat berkorelasi dengan gynoecy. Dia menambahkan bahwa "Untuk tanaman berbunga betina, ada banyak potensi untuk produksi pertanian."

 

Untuk lenih lengkap, baca beritanya di situs BTI http://bti.cornell.edu/news/extra-dna-creates-cucumber-with-all-female-flowers/.