Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DITEMUKAN TOMBOL "OFF" PRODUKSI PATI DALAM TANAMAN

Tanggal : 25 November 2015

Sebuah tim peneliti dari Weizmann Institute of Science yang dipimpin oleh Prof. Avihai Danon telah menemukan tombol "off" untuk produksi pati. Pati adalah karbohidrat paling umum dalam makanan manusia dan hadir dalam jumlah besar pada tanaman pokok seperti beras, kentang, dan jagung.

 

Tanaman mulai membuat pati segera setelah cahaya pagi mengaktifkan fotosintesis mereka, serta berhenti ketika tidak berfotosintesis pada malam hari. Bekerja dengan Arabidopsis, tim menemukan rantai peristiwa biokimia yang mengarahkan pada berhentinya fotosintesis di malam hari. Penurunan cahaya menyebabkan protein pemberi sinyal kecil yang disebut ACTH4 kehilangan elektron dan menjadi teroksidasi, yang, pada gilirannya, secara cepat meminta untuk mengirimkan "istirahat" pesan ke enzim produksi pati

 

Tim juga menyadari bahwa mekanisme tetap aktif pada tingkat yang rendah sepanjang hari, seolah-olah tanaman mendorong produksi pati dengan menekan pedal gas dan rem secara bersamaan: mengubah produksi yang sementara pada saat yang sama menjaganya di cek. Ketika para ilmuwan rekayasa genetika tanaman menghilangkan "rem," produksi tepung melonjak hampir 20 persen. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum, efisiensi produksi berdiri hanya sekitar 80 persen karena pedal rem menyala di sepanjang waktu.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di Weizmann Institute of Science http://wis-wander.weizmann.ac.il/plants-keep-one-foot-on-the-brakes#.VlPWONIrJQL.