Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DEPUTI MENTERI PERTANIAN TANZANIA DUKUNG ADOPSI BIOTEKNOLOGI PERTANIAN

Tanggal : 1 July 2015

Asisten Menteri Pertanian, Ketahanan Pangan dan Koperasi, Tanzania Mr. Godfrey Zambi, mengatakan bahwa Tanzania tidak mampu untuk mengabaikan manfaat bioteknologi dalam mengembangkan berbagai sektor ekonomi, terutama di bidang pertanian. Dia mengatakan hal ini saat peluncuran ISAAA Brief 49: Global Status of Commercialized Biotech/GM Crops 2014 di Dar es Salaam, pada Rabu, 16 Juni 2015.

 

Hon. Zambi memberitahu peserta bahwa tanggung jawab pemerintah untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan lain untuk memastikan bahwa negara memiliki kapasitas untuk keamanan dan penggunaan progresif agri-biotek. Wakil Menteri mengatakan bahwa ini akan membantu keraguan yang menyebar dari banyak orang tentang teknologi. Dia menguraikan manfaat dari bioteknologi pertanian seperti perbaikan gizi, kesehatan hewan yang lebih baik, industri yang kompetitif, dan pelestarian lingkungan.

 

Menteri membahas berbagai langkah yang diberlakukan oleh pemerintah yang memastikan bahwa regulasi agri-biotek dimulai pada tahun 2010 dengan tujuan memperkuat kapasitas negara dalam pencariannya untuk mengadopsi tanaman RG. Hon. Zambi lebih lanjut menekankan bahwa kebijakan pemerintah nasional dalam pertanian 2013 mengidentifikasi pemahaman masyarakat yang rendah terhadap bioteknologi sebagai penghalang utama untuk adopsi, menambahkan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengingat bahwa sektor pertanian penting untuk Tanzania.

 

Berbicara pada  pertemuan tersebut, Dr. Emmarold Mneney, kepala peneliti pertanian dari Tanzania Commission for Science and Technology (COSTECH) mengatakan masalah utama yang peneliti alami di Tanzania adalah kurangnya dana yang memadai untuk melakukan penelitian, dengan contohnya Uganda dan Kenya dimana kecukupan dana yang disalurkan berdampak suksesnya penelitian mengenai jagung RG, kapas, dan singkong.

 

 

Informasi selengkapnya mengenai acara ini, hubungi Dr. Nicholas Nyange, Deputi Direktur Knowledge Management at the Tanzania Commission for Science and Technology (COSTECH) di nyange@costech.or.tz.