Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DELEGASI AFRIKA KUNJUNGI PETANI KAPAS BT INDIA

Tanggal : 23 November 2016

Delegasi tingkat tinggi yang terdiri dari anggota parlemen, eksekutif pemerintahan, para ilmuwan, para pelaku sub-sektor kapas, dan media dari Ethiopia, Kenya, Malawi, Swaziland, dan Zambia mengunjungi lahan kapas Bt di Maharashtra State di India pada 15 November 2016. Para petani India yang dipimpin oleh petani Shivaji Bhagal dari distrik Aurangabad menunjukkan batang pohon ekstra panjang kapas Bt kepada Ethiopian State Minister of Cabinet Affairs, Mr. Yimama Zekarias Serkola; Hon. Massa Almaz Messele, ketua, komite tetap parlemen bidang pertanian, dan Hon. Haile Jembernesh Kinfe, wakil ketua, Standing Committee on Natural Resources and Environment. Para petani kapas Bt bertukar dan membagikan pengalaman mereka dan dampak sosial-ekonomi dari penanaman kapas Bt selama sepuluh tahun terakhir. Mereka dengan bangga menceritakan bagaimana mereka mampu menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah Inggris, membeli smart phone, sepeda motor, dan membangun rumah permanen.

 

Delegasi Afrika juga mengunjungi lahan produksi biji kapas Bt hibrida petani kecil Prabhakar Dhondiba Gaikwad dari desa Tandulwadi, distrik Jalna di Maharashtra. Mereka terkesan dengan keahlian dan tingginya kemampuan para petani perempuan dalam emaskulasi dan polinasi tetua kapas untuk menghasilkan biji kapas Bt hibrida berkualitas tinggi. Para petani perempuan India menghasilkan ratusan dari ribuan ton hibrida kapas Bt setiap tahun yang cukup untuk menanam 95% dari total area kapas yang ada saat ini >10 juta hektar. Hibridisasi biji kapas Bt menyediakan lapangan pekerjaan bagi jutaan petani perempuan miskin, dan buruh tak bertanah di India, sambil memastikan kemurnian benih yang ditanam. Studi tur bertujuan menampilkan pengalaman pertanian kapas Bt India dan contoh proses komersialisasi dan regulasi tanaman pangan biotek negara tersebut dengan maksud untuk mempelajari cara cepat yang dapat direplikasi di Afrika. Kepentingan dan kontribusi dari industri kapas tekstil dan minyak kapas Bt dalam ekonomi Indian juga ditampilkan.

 

Delegasi tinggi merupakan bagian dari rangkaian tahunan program pertukaran dan penjangkauan di bawah India-Africa Agriculture Engagement, yang didukung oleh ISAAA AfriCenter, Alliance for Commodity Trade in Eastern & Southern Africa (ACTESA/COMESA), United States Department of Agriculture (USDA) dan South Asia Biotechnology Centre (SABC).

 

 

Untuk lebih lengkap tentang India-Africa Agriculture Engagement, hubungi Dr. Margaret Karembu di mkarembu@isaaa.org dan Bhagirath Choudhary di bhagirath@sabc.asia.