Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

DASAR MOLEKULER BAGI SALURAN IMPOR PROTEIN KEDALAM KLOROPLAS ARABIDOPSIS

Tanggal : 6 August 2010

Translocon adalah suatu protein kompleks yang bertanggung jawab terhadap transfer polipeptida lintas membran. Translocon tersebut berada di luar amplop membran kloroplas (TOCs) yang mempengaruhi impor ribuan nukleus penyandi protein kedalam kloroplas. Studi mengenai struktur dan fungsi kompleks TOC yang berbeda tersebut telah menimbulkan hipotesis bahwa translocon terlibat dalam berbagai saluran impor protein, dimana ekspresi protein-protein itu tergantung pada pembentukan organel dan adaptasi fisiologis. Hitoshi Inoue, ilmuwan di University of Massachusetts, dan rekannya menguji hipotesis ini dengan menganalisis perbedaan dalam fungsi famili Toc159 dari reseptor pada tingkat molekuler.

Para famili Toc159 memiliki tiga domain struktural: sebuah domain jangkar membran terminal -C (M-domain), sebuah pusat domain GTPase (G-domain), dan sebuah domain N-terminal yang sangat asam (A domain-). Hasil penelitian menunjukkan bahwa domain-A mengontrol pemilihan protein sebelum pengikatan. Lebih lanjut, fungsi dari kedua anggota famili utama Toc159 dapat saling tergantikan dengan menukar domain-A mereka dalam Arabidopsis thaliana transgenik. Para ilmuwan mengusulkan bahwa domain-A dari reseptor Toc -159 menentukan saluran bagi impor protein kedalam kloroplas.

Para pelanggan The Plant Cell Journal dapat membaca artikel lengkapnya di http://www.plantcell.org/cgi/content/full/22/6/1947