Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

BUKU BARU CALESTOUS JUMA JELASKAN MENGAPA ORANG-ORANG MENOLAK INOVASI TEKNOLOGI SEPERTI BIOTEK

Tanggal : 21 September 2016

Profesor Universitas Havard Calestuos Juma membahas mengapa orang-orang menolak teknologi baru seperti bioteknologi dalam buku barunya yang berjudul Innovation and Its Enemies: Why People Resist New Technologies

 

Beberapa bagian dalam buku tersebut membahas masalah PRG seperti tanaman transgenik dan salmon RG. Menurut Juma, orang-orang tidak benar-benar membenci inovasi karena itu hal baru, tetapi karena memperkenalkan sesuatu yang akan mengganggu hidup mereka. Inovasi juga memiliki kecenderungan untuk melepaskan orang dari sifat atau perasaan mereka, yang merupakan hal penting bagi pengalaman manusia.

 

Ide Juma menulis buku ini berawal dari akhir tahun 1990-an ketika dia menyaksikan negosiasi internasional mengenai regulasi tanaman RG. Dia mendengarkan pendapat dari kelompok penolak dan menyadari bahwa bahkan jika mereka memiliki pandangan terpolarisasi, keduanya mempunyai satu tujuan yang sama.

 

Dapatkan salinan buku tersebut dari Oxford University Press https://global.oup.com/academic/product/innovation-and-its-enemies-9780190467036?cc=us&lang=en#. Baca lebih lanjut tentang buku dari Genetic Literacy Project https://www.geneticliteracyproject.org/2016/09/15/harvards-calestuous-jumas-book-addresses-humans-resist-beneficial-innovations-like-gmos/ dan The Washington Post https://www.washingtonpost.com/news/innovations/wp/2016/07/21/humans-once-opposed-coffee-and-refrigeration-heres-why-we-often-hate-new-stuff/.