Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

BROOKES PRESENTASIKAN DAMPAK GLOBAL TANAMAN PRG KEPADA PARA PEMANGKU KEPENTINGAN

Tanggal : 26 September 2012 | Sumber : CBU

Selama periode 15 tahun, bioteknologi tanaman telah secara konsisten memberikan keuntungan ekonomi dan produksi yang penting, pendapatan lebih baik dan mengurangi risiko bagi petani di seluruh dunia yang telah tumbuh tanaman GM. Hal ini disampaikan oleh Graham Brookes, Direktur PG Ekonomi, Inggris selama pertemuan sarapan pada tanggal 17 September 2012 di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Brookes menyampaikan laporan mengenai Dampak Global Tanaman Biotek: Dampak Ekonomi dan Lingkungan 1.996-2.010. Selain itu, dia menyebutkan bahwa lingkungan di negara-negara berkembang biotek menguntungkan petani menggunakan herbisida lebih jinak atau mengganti penggunaan insektisida dengan serangga tanaman GM tahan. Penurunan penyemprotan pestisida dan beralih ke tidak-sampai sistem tanam juga menghasilkan emisi gas rumah kaca berkurang. Mayoritas imbalan ini ditemukan di negara-negara berkembang.

Dr Ir. Arief Daryanto, MEC dari Sekolah Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor menjabat sebagai moderator dalam pertemuan ini. Beberapa peserta dari 18 CropLife Indonesia, FMPI (Indonesian Unggas Masyarakat Forum), pejabat dari Departemen Perdagangan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian dan Kementerian Riset dan Teknologi menghadiri pertemuan ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bioteknologi tanaman di Indonesia, Dewi Suryani di email catleyavanda@gmail.com.