Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

BRASIL SETUJUI PENGGUNAAN SECARA KOMERSIAL TEBU RG

Tanggal : 14 June 2017

Pada 8 Juni 2017, Comissão Técnica Nacional de Biossegurança Brazil (CTNBio, atau National Biosafety Technical Commission) telah menyetujui penggunaan secara komersial tebu rekayasa genetika (RG) pertama (tebu Bt), CBC 20 BT, dikembangkan oleh perusahaan Brasil Centro de Tecnologia Canavieira (CTC).

 

Tebu Bt, tebu RG pertama di dunia yang disetujui untuk budidaya, tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh penggerek tebu (Diatraea saccharalis), hama utama tebu di Brasil. Menurut para ahli pertanian di Brasil, kerusakan yang diakibatkan penggerek tebu sekitar R$5juta per tahun. Gen Bt (Bacillus thuringiensis) dalam CBC 20 BT, telah digunakan secara luas selama lebih 20 tahun di tanaman turunan bioteknologi seperti kedelai, jagung, kapas, dan brinjal/terong.

 

Berkas ilmiah yang mengevaluasi tebu Bt diajukan ke CTNBio pada tahun 2015 untuk pengkajian kesehatan dan keamanan lingkungan menggunakan standar yang diterima secara internasional. Studi pengolahan membuktikan bahwa gula dan etanol dari varietas baru sama dengan yang berasal dari tebu konvensional. Studi juga menunjukkan bahwa gen Bt dan protein dalam Tebu CTC 20 BT benar-benar hilang dari turunan tebu selama proses pembuatannya. Studi lingkungan tidak menemukan efek negatif pada komposisi tanah, biodegrabilitas tebu, atau populasi serangga, kecuali hama target (terutama penggerek), CTC sekarang akan bekerja sama dengan produsen, dimulai dengan distribusi bibit Tebu Bt 20, diikuti dengan penanaman lapangan yang dipantau ketat. 

 

Untuk lebih lengkap, baca artikelnya dari Brazilian Sugarcane Industry Association (UNICA) http://english.unica.com.br/news/16900437920334804993/genetically-modified-sugarcane-developed-by-ctc-in-brazil-is-approved-at-ctnbio.