Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

BIOFORTIFIKASI TINGKATKAN NUTRISI DAN BERMANFAAT DI NEGARA BERKEMBANG

Tanggal : 5 June 2019

Satu tim peneliti dari International Maize and Wheat Improvement Center (CIMMYT) mendokumentasikan perkembangan biofotifikasi varietas gandum dan jagung selama beberapa tahun. Hasil penelitian dipublikasi di AACC International.

 

Biofortifikasi, atau pengembangan tanaman pokok padat miknonutrisi (contohnya jagung, gandum, padi, dll) melalui teknologi pemuliaan tradisional dan bioteknologi modern, berpotensi meningkatkan nilai nutrisi tanaman dan bermanfaat bagi lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia yang bertahan dari defisiensi nutrisi. 

 

Sejak akhir 1990-an, organisasi seperti CIMMYT bersama dengan berbagai pusat penelitian internasional dan mitra penskalaan, telah mengembangkan lebih dari 60 varietas jagung dan gandum dengan meningkatkan kandungan mikronutrien esensial menggunakan teknik transgenik.

 

Jagung dan gandum dengan kandungan zat besi dan zink yang ditingkatkan serta varietas yang diperkaya provitamin-A telah dirilis di 19 negara di Afrika, Asia, dan Amerika Latin, memberi manfaat bagi mereka di negara berkembang yang cenderung defisiensi mikronutrisi dan sebagian besar bergantung pada tanaman pokok ini untuk makanan.

 

Penelitian juga menyarankan bahwa untuk memaksimalkan manfaat tanaman biofortifikasi, mereka harus menjadi bagian dari strategi sistem pangan terintegrasi yang menerapkan bahwa semua pemain dalam rantai nilai, terutama petani dan konsumen, harus menerima varietas yang telah dikembangkan ini secara positif dan merasa yakin akan nilainya. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel jurnal aslinya di situs AACC International https://www.aaccnet.org/publications/cfw/2019/May-June/Pages/CFW-64-3-0025.aspx.