Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

BAGIAN TANAMAN "BERBICARA" SATU SAMA LAIN UNTUK TUJUAN METABOLISME DAN PERTUMBUHAN

Tanggal : 24 February 2016

Komunikasi tunas ke akas tanaman telah ditetapkan sebelumnya, tetapi sedikit yang telah mengerti tentang dasar molekuler dari koordinasi jarak jauh tunas-akar. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Oxford dan Chinese Academy of Sciences di Tiongkok menunjukkan bahwa komunikasi dicapai melalui agen bergerak dari tunas ke akar. Agen ini adalah protein yang dikenal sebagai HY5, sebuah faktor transkripsi yang mengaktifkan, atau gen "penghidup".

 

HY5 sudah dikenal untuk mengontrol tingkat fotosintesis (menangkap CO2) dalam tunas, tetapi penelitian menunjukkan bahwa HY5 bertindak sebagai agen komunikasi antara tunas dan akar dengan bergerak melalui pembuluh floem tanaman. HY5 bergerak dari tunas ke akar, dan saat mencapai akar akan mengaktifkan sejumlah gen dalam sel akar, termasuk gen yang mengkodekan transporter nitrat yang mengambil nitrat dari tanah. Aktivasi ini juga tergantung pada gula yang juga bergerak melalui floem dari tunas hingga akar. Dengan demikian, perpindahan HY5 dan gula dari tunas ke akar meningkatkan penyerapan nitrat oleh akar. Pemulia tanaman sekarang dapat menargetkan HY5 untuk meningkatkan aktivitas pada akar tanaman tanaman teduh, untuk meningkatkan penyerapan nitrat dari tanah.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikelnya di University of Oxford Science Blog http://www.ox.ac.uk/news/science-blog/shooting-breeze-how-parts-plant-can-talk-one-another-benefit-whole.