Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ASIA PASIFIK:PETANI BICARA TENTANG PENGHENTIAN UJI COBA TERONG REKAYASA GENETIK

Tanggal : 26 June 2013

Rosalie Ellasus, seorang petani yang sangat progresif dari Filipina, menyatakan pendapatnya tentang keputusan mahkamah agung Filipina untuk menghentikan uji coba lapangan terong Bt. Menurut Ellasus, terong adalah komoditi sayuran penting di negeri ini dan akan lebih mudah bagi petani jika teknologi ini diizinkan untuk dilanjutkan ke arah komersialisasi. "Para petani tidak ingin merusak lingkungan dan para ibu juga tidak ingin meberikan makanan yang berbahaya bagi anak-anak mereka," tegasnya. Dia juga mengatakan bahwa keputusan mahkamah agung telah mempengaruhi reputasi Filipina di dunia internasional dalam hal kemajuan dan teknologi.

Tanaman biotek telah ditanam oleh petani di seluruh dunia dan telah dipanen lebih dari 3,5 miliar hektar selama 17 tahun terakhir. Ellasus menyatakan bahwa beberapa hektar dari lahan tersebut adalah miliknya. Penanaman tanaman biotek telah membantunya secara finansial dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.


Sementara itu, 16 msayarakat ilmiah profesional telah menyatakan dukungan mereka untuk uji coba lapangan terong Bt di Filipina melalui pernyataan bahwa "uji coba lapangan adalah langkah penting dalam penelitian dan pengembangan varietas baru di mana evaluasi ilmiah menjadi dasar bagi penilaian kinerja varietas-varietas baru". Mereka mengatakan bahwa keputusan mahkamah agung bertentangan dengan tujuan pemerintah di bidang ketahanan pangan.