Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ASIA PASIFIK: MANFAAT KAPAS BT BAGI PETANI KECIL DI INDIA

Tanggal : 13 June 2013

Tanaman hasil rekayasa genetika dapat mengurangi kerawanan pangan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, ditulis oleh Matin Qaim dari Georg-August-University of Goettingen (Jerman) dan Shahzad Kouser dari University of Agriculture (Pakistan).

Para peneliti mensurvei sejumlah orang petani di India selama tujuh tahun. Pada tahun 2002, hanya 38 persen dari petani yang menanam kapas tahan hama. Pada tahun 2008, 99 persen dari petani sudah mengadopsi kapas Bt.

Analisis lebih lanjut juga menunjukkan bahwa adopsi kapas rekayasa genetik meningkatkan asupan kualitas pangan petani secara signifikan, dampak dari peningkatan pendapatan keluarga. Teknologi rekayasa genetika telah mengurangi kerawanan pangan pada petani kapas sebesar 15-20%. Para penulis menyimpulkan bahwa tanaman rekasya genetik sendiri bukanlah satu-satunya solusi untuk mengurangi kelaparan dan kekurangan gizi, namun tanaman rekayasa genetik dapat menjadi salah satu komponen penting sebagai strategi ketahanan pangan yang lebih luas.