Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ASIA PASIFIK: JURNALIS MAHASISWA FILIPINA MENDAPAT PENGHARGAAN KONTES JURNALIS BIOTEK

Tanggal : 28 November 2012

Jurnalis-jurnalis muda yang merupakan mahasiswa Filipina dari berbagai negara bagian mendapat penghargaan dalam upacara pembukaan Pekan Bioteknologi Nasional Ke-8 atas partisipasinya dalam acara Kontes Jurnalis Biotek Nasional yang  diselenggarakan oleh Pusat Studi dan Penelitian Pertanian Regional Asia Tenggara, Pusat Informasi Bioteknologi- Southeast Asian Regional Centre for Graduate Study and Research in Agriculture - Biotechnology Information Center (SEARCA BIC), AGHAM Partai-list, Asosiasi Jurnalis Sains Filipina, dan ISAAA.

Kontes jurnalisrik ini dibagi ke dalam dua level yaitu tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi, yang bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan pengetahuan jurnalis di kalangan mahasiswa Filipina terhadap pertumbuhan bioteknologi untuk masa depan ketahanan pangan dan keberlanjutan pertanian di negeri ini. Kontes ini juga mendorong para siswa untuk melakukan penelitian mengenai tanaman biotek modern, mewawancarai para ahli biotek, petani jagung biotek, dan bahkan regulator tanaman biotek. Juara pertama untuk tingkat SMA kontes ini adalah Joelle Mae Garcia dari pasig City Science High School, dan artikelnya membahas mengenai “Manfaat dan Potensi Bioteknologi Tanaman modern di Filipina”. Sedangkan juara pertama untuk tingkat perguruan tinggi adalah Eddie D. Dulpina Our Lady of Fatima University yang menulis artikel mengenai “Manfaat Besar dan Potensi Bioteknologi Tanaman modern di Filipina.

Para pemenang dan finalis menerima Medali Kongres AGHAM, plakat, dan hadiah berupa uang tunai. Mereka juga diberi kesempatan untuk melakukan studi tur ke kantor DZMM TeleRadyo, DZRB RadyongBayan, Business Mirror, National Institute of Molecular Biology and Biotechnology  (BIOTEK)-UPLB, dan Institute of Plant Breeding di UPLB.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kontes ini, dan untuk mendapatkan salinan artikel pemenang, kunjungi  http://www.bic.searca.org/ atau e-mail bic@agri.searca.org.