Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ANALISIS META ENZIMATIK TANAH RESPON TERHADAP TANAMAN RG

Tanggal : 16 January 2019

Para peneliti dari Chinese Academy of Sciences dan rekannya melakukan analisis meta globa menguji respon aktivitas enzimatik tanah terhadap tanaman RG. Hasilnya dipublikasi di Science of the Total Environment.

 

Para peneliti awalnya mengukur respon aktitivas enzimatik tanah terhadap kultivasi tanaman RG dengan atau tanpa penggabungan residu Bt. Mereka telah mengeksplorasi bagaimana respon aktivitas enzimatik tanah yang bervariasi pada seluruh tanaman RG atau dalam periode pertumbuhan yang berbeda, dan mengungkap kontribusi relatif pada respon tersebut.

 

Hasil menunjukkan bahwa dehidrogenase dan urease memberikan umumnya memberikan respon positif terhadap tanaman RG. Dehidrogense, yang mencerminkan aktivitas metabolik total dari miroba tanah yang hidup, ketika meningkat secara signifikan, dapat meningkatkan laju mineralisasi bahan organik tanah lebih tinggi atau transformasi nutrisi organik dan nurisi dalam bentuk anorganik. Urease, salah satu enzim yang terlibat dalam mineralisasi nitrogen, ketika ditingkatkan dapat mendorong siklus nitrogen. Hal ini diamati bahwa respon signifikan biasanya muncul pada kapas Bt atau dalam pertumbuhan menengah. Ini juga dilaporkan bahwa respon enzimatik lebih disebabkan oleh sifat tanaman Bt daripada kandungan tanah. 

 

Baca selengkapnya di Science of the Total Environment https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0048969718339469.