Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AMERIKA: TANAMAN HASIL REKAYASA TINGKATKAN KANDUNGAN BAHAN BAKAR NABATI

Tanggal : 28 November 2012

Para ilmuwan dari Lawrence Berkeley National Laboratory mampu memanipulasi gen-gen tanaman untuk mengembangkan varietas tanaman yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi biofuel. Hal ini dicapai melalui rekayasa tanaman yang memiliki jumlah xilan yang lebih sedikit, polisakarida non-selulosa utama yang terdapat dalam dinding sel.

Untuk mengembangkan varietas tanaman yang memiliki kandungan xilan rendah dan sifat sakarifikasi yang lebih baik, para ilmuwan menggunakan tiga galur mutan Arabidopsis yang memiliki kandungan xilan rendah – galur xylem tidak beraturan (irx) irx7, irx8 dan irx9. Mutan-mutan irx biasanya menunjukkan fenotipe kerdil yang menyebabkan kerusakan xylem dan gangguan transportasi air dan nutrisi. Tim peneliti menduga bahwa dengan memperbaiki biosintesis xilan dalam tanaman dapat melengkapi proses mutasi.

Dalam memperbaiki proses biosintesis xilan ke dalam xylem galur irx7, 8 dan 9, ilmuwan memanipulasi daerah-daerah promotor dari  gen-gen transkripsi. Proses ini meyakinkan peneliti bahwa fenotipe-fenotipe berikutnya benar-benar terperbaharui, sehingga tanaman menjadi lebih kuat dan pada saat yang sama kandungan xilan yang rendah tetap terjaga dan peningkatan sifat sakarifikasi dapat tercapai sehingga memungkinkan produksi biofuel meingkat. Sehingga didapatkan tanaman dengan tingkat pengurangan xilosa hingga 23% dan tingkat pengurangan lignin sebesar 18%, sedangkan fungsi xylem masih tetap normal. Tanaman juga menunjukkan peningkatan hasil sakarifikasi sebesar 42% setelah pretreatment.

Akses copy penelitian pdf dapat diakses di http://www.biotechnologyforbiofuels.com/content/pdf/1754-6834-5-84.pdf.