Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AMERIKA: SORGUM SEBAGAI TANAMAN BIOENERGI

Tanggal : 19 September 2012

Sorgum manis adalah tanaman bioenergi ideal, hasil studi Departemen Pertanian AS. Tanaman ini merupakan rumput kokoh, memiliki ciri-ciri yang unik seperti toleran terhadap kekeringan, mampu beradaptasi terhadap beragam kondisi tumbuh, kebutuhan akan pupuk nitrogen yang rendah, dan memiliki konten biomas tinggi, menurut ahli biologi molekuler Scott Sattler dan Departemen Pertanian AS, Jeff Pedersen. Selain ciri-ciri tersebut, sorgum juga memproduksi gula yang dapat dikonversi menjadi biofuel melalui sisa-sisa serat dari ekstraksi jus yang dibakar sehingga menghasilkan listrik.

Studi ini merupakan bagian dari upaya USDA ARS untuk memproduksi biofuel hingga 36 miliar galon pada tahun 2022. Sorghum dan tebu adalah top candidates untuk produksi biofuel di AS tenggara karena tanaman tersebut adalah tanaman pelengkap yang dapat meningkatkan produksi biofuel.

Baca lebih lanjut tentang hal ini dan penelitian bioenergi lainnya dalam majalah Agricultural Research edisi September 2012 di http://www.ars.usda.gov/is/AR/archive/sep12/biofuels0912.htm#sorghum