Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AMERIKA: JERUK TRANSGENIK BANTU PETANI ATASI CVPD

Tanggal : 13 June 2013

Semakin banyak pohon jeruk mati di Amerika Serikat karena penyakit CVPD, saat ini para petani mencari pohon jeruk transgenik tahan penyakit. CVPD adalah penyakit yang menyumbat sistem vaskular pada pohon jeruk itu. Buah gagal matang dan pohon akhirnya mati.

Ricke Kress, seorang petani jeruk dan produsen jus di Florida selatan menjelaskan pada konferensi tahunan Dewan Bioteknologi Pertanian Amerika Utara ke-25 bahwa para petani sudah mengalami kerugian sebanyak 15 persen akibat penyakit ini dan mengungkap potensi pohon jeruk transgenik yang dikembangkan di A & M Texas AgriLife. Kress mengatakan bahwa mereka sedang menghadapi permasalahan secara bersamaan pada empat hal yaitu penelitian, peraturan, pertanian, dan konsumen.

Dr Bill McCuthen, direktur eksekutif AgriLife mengatakan bahwa jeruk adalah salah satu tanaman buah dan sayuran yang bisa mendapatkan banyak manfaat dari bioteknologi. "Melalui penggunaan bioteknologi, para ilmuwan telah mengembangkan varietas apel, nanas, kentang, labu dan tanaman khusus lainnya dengan ketahanan terhadap penyakit dan sifat-sifat yang menguntungkan lainnya," tambahnya.