Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AMERIKA: ILMUWAN TEMUKAN GEN UNTUK KEMBANGKAN SELADA TAHAN CUACA PANAS

Tanggal : 3 April 2013

Para ilmuwan dari Universitas California, Davis, menemukan gen selada dan enzim yang mengontrol proses penghentian perkecambahan saat cuaca panas. Penelitian ini dapat selanjutnya dapat mengarah kepada pengembangan selada yang mampu berkecambah lebih baik dan tumbuh sepanjang tahun, bahkan pada suhu tinggi.

Para peneliti mempelajari genetika selada untuk memahami mekanisme perkecambahan biji yang terkait suhu. Penelitian ini menunjukkan adanya enam kromosom dari tetua varietas-varietas komersial yang dapat menyebabkan terjadinya perkecambahan di suhu hangat. Pemetaan genetik lebih lanjut dimaksudkan untuk mengetahui gen tertentu yang bertanggung jawab terhadap produksi hormon tanaman yang dikenal sebagai asam absisat. Hormon ini menghambat perkecambahan biji. Gen tersebut aktif pada sebagian besar benih selada bila terkena suhu hangat, tapi tidak aktif pada varietas lama dimana asam absisat tidak diproduksi.

Tim peneliti juga terdiri dari para ahli dari Arcadia Biosciences dan Archaya NG Ranga Agricultural University yang berbasis di India.