Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AMERIKA: DITEMUKAN ADANYA HUBUNGAN ANTARA PEMATANGAN TOMAT, WARNA DAN RASA

Tanggal : 6 July 2012

 

Para peneliti di Cornell University, Institut Penelitian Tanaman Boyce Thompson (Boyce Thompson Institute for Plant Research) dan Universitas Davis California (University of California-Davis) telah mengidentifikasi sebuah gen yang mengontrol pematangan tomat. Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan Science, edisi 29 Juni mengungkapkan bahwa mutasi genetik yang membuat tomat matang merata juga mengontrol jumlah gula yang diproduksi dan disimpan dalam buah.

 

Buah tomat memiliki kapasitas untuk melakukan sintesis selama perkembanannya, tetapi mutasi pematangan yang  dihilangkan kapasitas genetiknya, dapat mengurangi kadar gula. Cuong Nguyen, salah satu penulis laporan tersebut melakukan prosedur biologi molekular yang disebut kloning posisional dan dengan database publik, penelitian tersebut menunjukkan bahwa gen pematangan terletak pada kromosom 10. Tim berencana untuk menguraikan gen penyandi protein yang mengontrol tingkat fotosintesis pada tomat dan lesi genetik yang mengakibatkan mutasi.

 

Di masa depan, produsen komersial akan memiliki pilihan untuk menghasilkan tomat matang merata (hasil mutasi) atau tomat biasa (tanpa mutasi), yang memiliki rasa lebih baik dan lebih manis, melalui tes DNA terhadap bibit tomat.