Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ALEL RESESIF DALAM KEMATANGAN LOKUS E9 KEDELAI SEBABKAN TERTUNDANYA PEMBUNGAAN

Tanggal : 20 January 2016

Dalam kedelai, variasi alami dasar molekul untuk waktu berbunga dan kematangan kurang dipahami. Menggunakan persilangan antara kultivar kedelai matang lebih awal, Chen Zhao dari Universitas Hokkaido memimpin para peneliti untuk mempelajari gen pembungaan kedelai. Mereka berfokus pada lokus E9, satu dari dua lokus matang dalam progeni.

 

Analisis mengungkapkan bahwa E9 adalah sebuah ortolog dari Arabidopsis FLOWERING LOCUS T, (FT2a). Alel resesif E9 ditranskripsi pada tingkat yang sangat rendah dibandingkan dengan yang alel dominan E9, menyebabkan terlambatnya berbunga. Alel resesif E9 juga memiliki Ty1/copia seperti retrotransposon, SORE-1, dimasukkan ke dalam intron pertama. Penyisipan ini menurunkan ekspresi FT2a melalui represi transkripsi alel spesifik.

 

Kematangan kedelai gen alel resesif E9 menunda pembungaan karena ekspresi yang rendah. Ekspresi rendah E9 adalah karena alel spesifik represi transkripsi disebabkan oleh SORE-1, insersi dalam alel resesif.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikelnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0704-9.