Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ALEL PADI EARLY FLOWERING1 PENGARUHI FERTILITAS SPIKELET MELALUI SINYAL ASAM GIBERELAT

Tanggal : 29 July 2015

Asam giberelat (GA) mempengaruhi perkembangan organ bunga, terutama organ jantan. Banyak studi dari sinyal GA yang berfokus pada efeknya terhadap pengembangan anter, tapi tidak pada produksi biji-bijian. Peneliti Seoul National University mempelajari pengaruh sinyal GA pada produksi biji.

 

Para peneliti menghasilkan garis yang homozigot untuk alel Early flowering1, EL1, atau untuk alel non-fungsional, el1. Tanaman homozigot untuk el1 menunjukkan antera cacat dan viabilitas polen rendah. Pemeriksaan lebih lanjut dari tingkat ekspresi dalam spikelet selama menuju pembentukan menunjukkan ekspresi peningkatan GAMYB, sebuah aktivator GA, yang dapat menyebabkan rendahnya viabilitas polen dan deformitas antera.

 

Tanaman homozigot el1 memiliki fenotipe jantan sebagian besar steril karena ketidakmampuannya dalam membatasi sinyal GA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EL1 dibebani dengan sinyal GA dan dengan demikian terlibat dalam kesuburan spikelet selama produksi biji.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai artikel jurnal, baca studi lengkapnya pada jurnal Rice di http://link.springer.com/article/10.1186/s12284-015-0058-1/fulltext.html.