Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AHLI UNGKAP TEKNOLOGI PEMULIAAN BARU DAPAT MEMBANTU PERTANIAN

Tanggal : 21 March 2018

Ahli keamanan pangan, Prof. Mark Tester, mengatakan bahwa teknologi pemuliaan baru dapat membantu untuk mengembangkan tanaman tahan garam yang dapat mengatasi kelangkaan pangan global. Dia menyebutkan hal ini dalam pidatonya di kuliah yang diadakan oleh Committee on Scientific and Technological Cooperation (COMSTECH) Organization of Islamic Cooperation's Standing di Pakistan pada 15 Maret 2018. Acara ini dihadiri oleh akademisi, mahasiswa, dan para profesional dari bidang pertanian dan ilmu tanaman.

 

Tester menjelaskan bagaimana tantangan kembar kelangkaan pangan dan keterbatasan air segar sedang ditangani oleh tim peneliti mereka di King Abdul Aziz University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi. Melalui ilmu genomik, mereka mengidentifikasi gen yang memampukan tanaman bertahan dalam kondisi salin. Ketika gen-gen ini dimasukkan ke tanaman yang penting secara ekonomi seperti jelai dan tomat, varietas baru dapat menahan kondisi salin. Tester juga mendiskusikan inisiatif paralel di mana mengembangkan tanaman liar bertahan dalan kondisi salin yang sedang untuk dapat dikonsumsi.

 

Baca selengkapnya dari COMSTECH http://www.comstech.org/Mark-Alfred-Tester-2018.aspx dan Urdu Point https://www.urdupoint.com/en/agriculture/new-breeding-technologies-successful-to-grow-284125.html.