Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AHLI BIOLOGI INTERNASIONAL CIPTAKAN TOMAT BARU MENGGUNAKAN PENGEDITAN GENOM

Tanggal : 3 October 2018

 

Untuk pertama kalinya, tim ilmuwan internasional dari Brazil, Amerika Serikat, dan Jerman telah menciptakan satu tanaman baru dari tanaman liar dalam satu generasi menggunakan proses pengeditan genom modern CRISPR-Cas9.

 

Tim menggunakan Solanum pimpinellifolium sebagai spesies tanaman induk, kerabat tomat liar dari Amerika Selatan, dan nenek moyang tomat budidaya modern. Buah tanaman liar berukuran kecil seperti kacang polong dan hasil panen rendah, tetapi lebih aromatik dan mengandung lebih banyak likopen daripada tomat modern.

 

Para peneliti memodifikasi tomat liar menggunakan "multiplex CRISPR-Cas9" sedemikian rupa sehingga keturunan tanaman memiliki modifikasi genetika dalam enam gen yang dikenal oleh para peneliti sebagai kunci genetika untuk fitur dalam tomat yang dipelihara. Tomat liar yang dimodifikasi menghasilkan buah tiga kali lebih besar, yang sesuai dengan ukuran tomat ceri. Sekarang ada yang 10 kali jumlah buah, dan ukuran mereka lebih oval daripada buah liar bulat. Sifat ini populer, karena ketika hujan, buah bulat lebih cepat terbelah daripada buah oval. Sifat baru penting lainnya adalah bahwa kandungan likopen dalam tomat baru lebih dari dua kali lebih tinggi daripada tetua liarnya.

 

Untuk lebih jelas mengenai penelitian ini, baca rilis artikelnya dari Universitas Münster https://www.uni-muenster.de/news/view.php?cmdid=9849.