Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AFRIKA: UGANDA PANDANG BIOTEKNOLOGI SEBAGAI KUNCI KEAMANAN PANGAN DAN GIZI

Tanggal : 13 July 2012

Dr. Emily Twinamasiko, Direktur Jenderal Organisasi Penelitian Pertanian Nasional Uganda (NARO- Uganda National Agricultural Research Organization) mencermati bahwa meskipun luas lahan budidaya tanaman komersial dan pangan berlimpah, keamanan pangan dan gizi tetap tidak menentu karena cuaca yang tidak bersahabat dan kondisi lingkungan lainnya, ujar Twimanasiko dalam pernyataannya terhadap wartawan pada acara tur pertanian Uganda. Tur, yang meliputi wartawan-wartawan Uganda dan Eropa, bertujuan untuk memperlihatkan kepada media tantangan-tantangan ketahanan pangan dan peluang-peluang yang dihadapi Afrika serta memungkinkan mereka untuk melihat bagaimana kolaborasi Afrika dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut termasuk dalam hal bioteknologi.

 

Direktur Jenderal NARO mencatat bahwa dengan pertumbuhan penduduk Uganda yang cepat, terdapat kebutuhan yang kuat untuk menggunakan bioteknologi sebagai "alternatif dalam mengatasi ketahanan pangan dan meningkatkan varietas tanaman." Uji lapang terbatas pada pisang, singkong, jagung, dan kapas saat ini sedang dilakukan di Uganda. Twinamasiko menambahkan bahwa upaya pemerintah untuk mendorong bioteknologi di Uganda harus diberi penghargaan. "Bioteknologi adalah kunci keamanan pangan dan gizi, kami akan memastikan bahwa kita bergerak dari laboratorium hingga pengguna akhir," katanya.

 

Baca siaran pers di http://www.ghananewsagency.org/details/Science/Uganda-sees-biotechnology-as-key-to-food-security-nutrition/?ci=8&ai=46064