Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AFRIKA: TANZANIA TERAPKAN REKAYASA GENETIKA

Tanggal : 19 September 2012

Kementerian Pertanian dan Keamanan Pangan Tanzania telah mulai menggunakan rekayasa genetika untuk 'memodifikasi' benih dan mengendalikan penyakit-penyakit yang menghambat pertumbuhan tanaman. Hal ini disampaikan oleh Mohamed Muya, Sekretaris Tetap Kementerian dalam sebuah konferensi pers di Dar es Salaam. Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh berbagai akademisi dan lembaga-lembaga penelitian semakin memberikan bukti bahwa rekayasa genetika mampu memberikan peningkatan hasil panen di negara-negara yang sudah menggunakan teknologi ini.

"Kementerian percaya bahwa penggunaan rekayasa genetika dapat membantu memerangi tantangan pertanian yang disebabkan oleh perubahan iklim seperti kekeringan, infeksi dan hama-hama berbahaya yang memerlukan insektisida untuk pengendaliannya ..." katanya.
Pemerintah, melalui kementrian, akan terus meningkatkan penelitian dan selanjutnya mengadopsi teknologi baru untuk aplikasi rekayasa genetika. Sekretaris Tetap Kementrian, Muya mengakui bahwa terdapat apa yang dia sebut sebagai ‘informasi sesat dan salah’ bahkan adanya gagasan-gagasan spekulatif mengenai efek-efek samping dari teknologi tersebut. Pemerintah dalam hal ini akan memulai kampanye untuk  memberikan informasi yang benar sehingga kesalahpahaman dapat dihindari.

Kabar ini diadaptasi dari Checkbiotech.com -