Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AFRIKA: PETANI ZIMBABWE SERUKAN PRODUKSI PRG UNTUK KEPASTIAN KEAMANAN PANGAN

Tanggal : 12 September 2012

Industri Zimbabwe dan para petani desak pemerintah mengadopsi produk rekayasa genetik (PRG) untuk kepastian keamanan pangan di tengah bencana kekeringan yang melanda negara tersebut. Konfederasi Industri Zimbabwe (CZI) dan Serikat Petani Zimbabwe (ZFU) mengatakan bahwa Zimbabwe harus menghapuskan larangan PRG demi pencapaian keamanan pangan.

"Kami akan terus mendorong produksi PRG menggunakan teknologi transgenik untuk ekspor sebagai langkah awal. Kami akan menggelar seminar tentang agro-manufaktur yang akan berfokus terhadap  peningkatan produksi pertanian lokal," kata CZI dalam pernyataannya.

Information officer ZFU, Tinashe Kairiza mengatakan bahwa Zimbabwe akan mendapatkan manfaat lebih dengan mengadopsi PRG. "Saat ini, kita sebagai serikat buruh sedang melobi setiap penelitian yang mendukung penerapan PRG. Negara-negara lain telah meningkatkan hasil panen mereka melalui adopsi PRG. Sebagai contoh, Burkina Faso kini memproduksi kapas transgenik dan telah mendorong peningkatan hasil," Kaizira menambahkan.

Organisasi-organisasi kemanusiaan mengatakan bahwa setidaknya seperempat dari penduduk negara itu sangat membutuhkan bantuan pangan saat ini hingga panen berikutnya pada bulan April atau mereka akan menderita kelaparan. Zimbabwe dapat bertahan melalui bantuan pangan dari badan-badan bantuan internasional setelah pemerintah mengalami gangguan sektor pertanian karena reformasi tanah enam tahun yang lalu.