Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AFRIKA: JAGUNG TOLERAN KEKERINGAN DIINTRODUKSI DI GHANA

Tanggal : 9 January 2013

Jagung varietas baru toleran kekeringan yang memiliki tingkat produktivitas tinggi namun harganya terjangkau diperkenalkan di Ghana melalui kolaborasi dari Institut Pertanian Tropis Internasional, Dewan Riset Ilmiah dan Industri Ghana (CSIR)-Balai Penelitian Tanaman Pertanian dan Savana.

Mereka menyatakan bahwa varietas-varietas tersebut diberi nama lokal Ghana untuk menunjukkan karakteristik dan tingkat kepentingannya. Varietas-varietas tersebut adalah CSIR-Omankwa (pemberi hidup), CSIR Aburohemaa (Ratu Jagung), CSIR-Abontem (sesepuh jagung) dan CSIR-Enii Pibi (anak ayah).

Bencana banjir parah dan kekeringan, ditambah dengan pola curah hujan yang tidak dapat diprediksi serta kondisi cuaca yang keras, dipicu oleh perubahan iklim, serta harga pangan global dan bahan bakar yang telah meningkat secara kumulatif, menambah kerentanan yang sudah terjadi pada masyarakat Ghana. Melalui pengembangan teknik terbaru, semua metode dan alat-alat yang ada untuk meningkatkan produktivitas pertanian seperti bioteknologi membutuhkan perhatian yang serius dan harus mudah diakses oleh para petani.