Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

AFRIKA: IITA, WACCI BEKERJASAMA UNTUK PENGEMBANGAN PEMULIAAN TANAMAN DI AFRIKA

Tanggal : 6 July 2012

Institut International Pertanian Tropis (IITA-The International Institute of Tropical Agriculture) dan Pusat Peningkatan Tanaman Afrika Barat (WACCI-the West Africa center for Crop Improvement) telah menandatangani Memorandum of Agreement (MoU) untuk melatih para pemulia tanaman di Afrika dan meningkatkan jumlah pemulia tanaman di benua itu. Berdasarkan MoU tersebut, WACCI, yang berpusat di Universitas Ghana, akan mengirim mahasiswa pascasarjana ke IITA selama tiga tahun untuk melakukan penelitian mengenai pemuliaan tanaman. Para siswa akan memiliki akses terhadap fasilitas IITA dan akan diawasi oleh para ilmuwan senior IITA.

 

Prof Eric Danquah, direktur WACCI, mengatakan bahwa para pemulia Afrika akan diberi pengarahan mengenai masalah yang dihadapi tanaman pangan di Afrika dengan harapan bahwa para peneliti tersebut kembali Afrika. Dia menambahkan bahwa apa yang dibutuhkan Afrika adalah pendekatan-pendekatan untuk mengatasi tantangan produktivitas pangan di Afrika.

 

Selama bertahun-tahun, Afrika terus kekurangan ahli pemuliaan tanaman, dimana para pemulia  terbaik melakukan pelatihan di luar negeri namun tidak pernah datang kembali. Para pemulia di benua tersebut sudah menjadi tua dan kebanyakan dari mereka sudah mendekati usia pensiun. Afrika, yang menginginkan memiliki Revolusi Hijau, menghadapi beberapa ancaman terkait pertanian berkelanjutan termasuk cekaman biotik dan abiotik yang membatasi produktivitas.

 

Lihat artikel aslinya di http://www.iita.org/news-frontpage-feature